인생은 꿈으로 시작

Saturday, August 23, 2014

[Kuliner] Tteokbokki (떡볶이)

Annyeong Chingudeul



Kembali lagi dengan kulinernya Purple yeoja. Mungkin chingudeul udah pada bosen setiap kali posting pasti mengenai Lirik lagu. Jadi kali ini aku akan mengenalkan makanan khas Korea ini, lebih tepatnya sich cemilan.

Ini adalah makanan kedua  Korea yang telah aku cicipin. Rasanya lumayan sich dari pada makanan yang pertama aku cicipin kemarin. Makanan ini terbuat dari beras ketan. Pasti sudah tahu kan makanan yang aku maksud.

Tteokbokki! Siapa yang tidak tahu tentang makanan yang satu ini? Bagi yang suka dengan drama korea pasti sudah tahu tentang makanan yang sangat populer dan banyak di cari di Korea. Tteokbokki adalah jenis makanan yang sering juga di sebut Kue Beras Pedas. Seberapa pedasnya sich makanan ini? Dari itu aku sangat penasaran seberapa pedasnya sehingga Ji Hyo pas di Running Man sampek segitunya makan Tteokbokki. Kelihatan pedas sampek-sampek ia loncat-loncat gitu.

Karena makanan ini pedas jadi sangat cocok dimakan saat udara dingin, rasa pedas dapat menghangatkan tubuh saat dingin menyerang. Makanan ini juga sangat mudah di jumpai di setiap jalan.  Tteokbokki sendiri adalah makanan yang terbuat dari beras ketan dan diberi bumbu pedas.


Tapi akankah sama rasanya bila yang makan orang Indonesia. Karena kita tahu bahwasanya orang Indonsia sendiri pecinta makanan pedas. Komentar dari aku selaku penulis juga, Tteokbokki kalau aku rasain tidak begitu pedas, malahan cenderung manis. Mungkin karena aku orang Jawa yang suka makan pedes juga kali. Jadi kalau makan makanan yang seperti itu masih tergolong standar.

Tapi tahukah anda semua bahwa makanan kenyal ini adalah jenis makanan yang sangat panas. Aku yang pernah membeli Tteokbokki dan membungkusnya dari lantai bawah, ketika sampai toko tempat aku bekerja yang berada di lantai 3. Aku tidak langsung memakannya untuk beberapa menit, ketika aku mulai memakannya rasanya masih sangat panas. Seperti baru saja di angkat dari kompor. Mungkin itulah khas yang Tteokbokki yang panas, tapi orang Korea menyebutnya Kue Beras Pedas. Mungkin kalau di Indonesia bisa di sebut dengan Kue Beras Panas.

Bagi yang ingin mencicipi cemilan yang satu ini, bisa di dapatkan di resto-resto Korea terdekat. Kalau di Mall tempat aku bekerja lumayan banyak juga kedai-kedai yang menyajikan makanan Korea. Jadi aku bisa dengan mudah mendapatkan makanan-makanan tersebut.

Cukup sekian chingudeul...
Annyeong..

No comments:

Post a Comment

[Kutipan] Soundtract #1 (사운드트랙 #1)

  " Emosi bukan sesuatu yang bisa kau ekspresikan dengan berpikir keras." (Kang Woo Il) " Jadi apa yang begitu menyedihkan so...