인생은 꿈으로 시작

Tuesday, August 12, 2014

[Kuliner] Jjajangmyeon


Annyeong Chingudeul!!

Kembali lagi bersama Purple Yeoja. Berbeda dengan sebelumnya yang selalu membahas masalah drama Korea, Kali ini aku akan membahas masalah makanan asal negara Gingseng ini. Jjajangmyeon!

Siapa yang tidak tau dengan Jjajngmyeon? Kalau bagi yang suka dengan drama maupun suatu hal tentang negara Gingseng pasti tidak asing lagi dunk dengan makanan yang satu ini. Biasa juga disebut dengan "Mie Kacang Hitam".

Bahan utama dari makanan ini adalah pasta kacang kedelai berwarna hitam khas Korea atau yang di sebut dengan Chunjang. Biasanya bahan di oleh bersama dengan daging dan bawang bombay ataupun bisa juga ditambahkan dengan sayuran yang bervariatif.


Jjajangmyeon ini juga merupakan makanan Korea yang pertama kali aku makan. Seperti biasa lidah orang Indonesia itu tidak bisa di bohongin, kalau menurutku rasanya aneh dan bikin enek juga. Tapi kenapa orang Korea kalau makan makanan ini terlihat enak ya? *Hal yang semestinya gak di tanyakan ya?

Tergoda dengan makanan ini gara-gara aku nonton Running Man yang waktu di Supermarket si Ji Hyo makan Jjajangmyeon yang terlihat begitu menggoda. Pada akhirnya aku cari-cari makanan Korea di sekitar mall tempat aku kerja. Sebenarnya makanan Korea pertama yang ingin aku cicipin adalah Tteokbokki, tapi karena nyari-nyari kagak ketemu juga jadinya pasrah aja. Gak ketemu ma Tteokbokki, Jjajngmyeon pun jadi. Makanan ini dihidangkan bersama dengan Kimchi. Memang di Korea Kimchi tidak pernah ketinggalan untuk dihidangkan di meja makan. Tapi karena aku bukan pecinta sayur, lihatnya aja udah gak selera.

Pada waktu pesan Jjajangmyeon, di tawarin sama pelayan restoran untuk minum apa? Di recomendasi juga sama mereka buat nyobain Teh Jagung, karena tidak tau apa-apa masalah makanan dan minuman Korea, iya ajalah. Ya itu adalah jawaban yang paling enak pokoknya.

Kalau dilihat memang terlihat enak ini makanan, karena pertama kali pelayan menyajikan makanan ini terlihat enak dan menggugah selera. Setelah pelayan pergi langsung sambet aja itu makanan. Tapi setelah di makan terasa aneh, mungkin tidak terbiasa juga dengan lidah orang jawa sepertiku ini. Yang cenderung makan makanan pedas dan mempunyai cita rasa yang kuat. Kembali lagi ke Jjajangmyeon, walaupun begitu tetap aku makan ya namanya juga orang nyobain makanan negara lain. Tapi untuk Kimchinya sama sekali tidak aku sentuh, soalnya aku sendiri juga perna nyobainnya. Heheheheheh.

Kalau ada yang tanya bagaimana rasa dari hidangan ini, jujur aku tidak bisa menjelaskan bagaimana rasa dari hidangan ini.Yang pasti rasanya seperti mie (ya memang ini mie). Bingung dech dengan rasanya.

Sedikit cerita Chingudeul, dulu pernah nonton Variety Show Berefood Friends yang tayang juga di SBS. Pada waktu itu mereka Syuting di Yogyakarta, misi mereka mencari makanan yang memang sudah disiapkan oleh para PDnim. Ada yang dapat misi cari ayam goreng, aku lupa siapa yang dapat misi itu. Dia mengira ayam itu adalah mie. jauh banget ya serongnya. Kemarin dia ngomongnya kalau di terjemahin ke bahaa inggris "Ayam is noodles", ngakak dech lihatnya. Itu aja chingu yang bisa aku ceritakan.

Mungkin itu sedikit informasi dariku tentang Mie kacang hitam ini Chingu. Bagi yang penasaran dengan rasa Jjajangmyeon silahkan mencicipi hidangan yang satu ini di restoran-restoran Korea terdekat anda. oya chingu ada yang ketinggalan, foto-foto di atas adalah hasil jepretanku sendiri. Jadi sebelum makan foto dulu, kadang malu sich dilihatin sama orang. Sekian dan terima kasih


No comments:

Post a Comment

[Kutipan] Soundtract #1 (사운드트랙 #1)

  " Emosi bukan sesuatu yang bisa kau ekspresikan dengan berpikir keras." (Kang Woo Il) " Jadi apa yang begitu menyedihkan so...